Tanya Jawab Seputar Instalasi Aplikasi Dapodikdasmen V.2018

Tanya Jawab Seputar Instalasi Aplikasi Dapodikdasmen V.2018

Troubleshooting Instalasi Aplikasi Dapodikdasmen V.2018 dan Tarik Peserta Didik - Support Menteri Pendidikan akan selalu ada bagi Perkembangan Dunia Pendidikan, antara lain melonjakkan kemampuan para pendidiknya, semangat para guru ini Tak hanya bagi siswa melainkan untuk materi yang mereka amalkan. Setiap anak mempunyai kekuatan dan bakat unik mereka sendiri.. Kemampuan mereka akan menular pada anak didiknya. Maka mengembangkan para pendidik menjadi peran utama dalam melonjakkan Dunia Pendidikan itu sendiri. Antara lain seperti pengembangan pada kepegawaian para guru.


Pertanyaan: Saat menjalankan sinkronisasi Aplikasi Dapodikdasmen V.2018, muncul pesan “koneksi internet lambat” padahal koneksi internet yang digunakan sekolah sudah cukup memadai ?
Jawaban: Tahap pertama lakukan pergantian koneksi internet misal dari Provider A ke Provider B, bila tahapan ini sudah dilakukan masih belum sukses menjalankan sinkronisasi. Maka coba tambahkan Add On pada Web browser anda security kiss atau Add On yang Sesuai.
Pertanyaan: Aplikasi  dapodikdasmen V.2018 sudah terinstall sesuai dengan tahapan yang benar, namun saat dijalankan Tak Bisa dibuka dengan keterangan we are sorry, yet someting went terrbily wrong. Apa yang wajib dilakukan ?
Jawaban: langkah yang wajib dilakukan yaitu dengan menjalankan pengecekan service database dapodikdasmen. Langkah pengecakan  service database:
  1. Klik start - klik  run - service.msc, cek service dapodikdb (klik start ), bila dapodikdb running silahkan buka login aplikasinya.
  2. bila cara no. 1 belum juga Bisa running dapodikdbnya, silahkan buka program file - dapodik. -database ( pastikan file berjumlah 18 file didalam folder database nya ), biasanya ada file yg corrupt atau hilang.

Pertanyaan: pada saat validasi data sarpras tertulis data periodik sarana jenis (-) yg berada di dalam Prasarana dengan nama Kelas (-) untuk periode Ganjil / 2017 belum diisi. Padahal di aplikasi sudah diisi.
Jawaban :
  1. Pastikan data periodik sudah terisi dengan benar dan sukses tersimpan.
  2. Pastikan Tak ada data sarana di menu Sarana telah Hapus Buku yg dihapus tanpa mengisi data periodik.


Pertanyaan: Bagi Peserta Didik Kleas X, apakah diisikan dengan cara manual atau memanfaatkan fitur Tarik Peserta Didik?
Jawaban : Pengisian Peserta Didik baru lebih efektif memanfaatkan tarik PD dengan melihat kevalidan datanya (nama PD, TTL, NISN, dan nama ibu) , bila data valid lanjut tarik PD. bila data Tak valid dengan adanya kesalahan perbaiki datanya melalui vervalpd. Hal ini penting dilakukan supaya ada kesinambungan data siswa dari jenjang sebelumnya. Kecuali peserta didik dari MI/MTs wajib diisikan dengan cara manual.
Pertanyaan : Apa yang wajib dilakukan bila sudah menjalankan konfirmasi tarik Peserta Didik, namun belum juga turun ke aplikasi Lokal? apakah wajib menjalankan entri manual juga?
Jawaban: bila sudah menjalankan tarik Peserta Didik, Tak diperbolehkan menjalankan entri manual yang berakibat data ganda. bila terpaksa wajib entri manual dikarenakan blm masuk ke aplikasi lebih bagus batalkan tarik Peserta Didik terlebih dahulu dengan syarat masih tampil datanya
Pertanyaan: Bagaimana solusi bila pada saat Tarik PD terdapat data yang hilang atau Tak masuk ke dalam aplikasi ?
Jawaban: Tarik Peserta Didik lebih bagus sedikit demi sedikit, untuk menghindari data yang hilang selama syncronisasi yang kemungkinan dikarenakan jaringan yang Tak stabil. Sebelum syncronisasi jangan lupa Klik tombol Konfirmasi terlebih dahulu. Tutorial nya yaitu setelah tarik Peserta Didik lakukan sync, jangan mengumpulkan hasil tarik Peserta Didik terlalu banyak tapi lakukan sync setelah tarik dengan cara bertahap.

0 Response to "Tanya Jawab Seputar Instalasi Aplikasi Dapodikdasmen V.2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel